Masalah Mengenai Kurikulum


Teknologi Pendidikan

Kajian sederhana mengenai kurikulum (perspektif, paradigma, dan kemungkinan) tulisan William H. Schubert)

photo0556

sumber foto: disini

Pada Bab ini akan dibahas mengenai masalah pada kurikulum dalam beberapa perspektif. Ada 3 sumber pandangan yang akan digunakan yakni; behavioris sosial, intelektual tradisional, dan eksperientalis. 2 topik masalah pada kurikulum yang akan dikaji adalah mengenai masalah instruksional dan institusional, serta masalah sosial dan ideologis. Beberapa permasalahan mungkin akan diklasifikasikan secara relatif yang menekankan pada pebelajar, materi pelajaran, dan sosial masyarakat. Tren abad 21 membuat paradigma baru mengenai sekolah yang telah memiliki fungsi untuk meng­handle masalah-masalah sosial. Selain itu, persepsi atas ilmu pengetahuan dan teknologi juga menjadi sebuah kebutuhan sekaligus faktor yang mempengaruhi kurikulum sebuah sekolah.

Paradigma menganalisis secara empiris untuk melihat implikasi masalahnya bagi tujuan, pebelajar, mata pelajaran dalam sebuah kurikulum. Sedangkan paradigma kritik praktis untuk melihat implikasi masalah pada kuriklum dalam hal tingkat sosial-ekonomi, peran sosial, etnis, dan tren kekinian. Masalah-masalah instruksional…

Lihat pos aslinya 4.468 kata lagi

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.