Anda Tidak Suka Pungli? Ini Cara Lapornya!


obatidur

Anda mungkin tidak asing ketika SIM, KTP, STNK, paspor, dan surat serta dokumen lainnya diproses dengan lamban atau Anda perlu menunggu lama sekali. Namun, semua bisa tiba-tiba berubah ketika Anda menyelipkan sejumlah uang. Proses yang semula lambat, tiba-tiba simsalabim surat atau dokumen penting Anda segera selesai.

Kejadian di atas yang mungkin saja Anda alami biasa disebut pungli (pungutan liar). Pungli sendiri terjadi lantaran pegawai yang bekerja meminta Anda agar memberi mereka uang lebih. Sebut saja, mulai dari uang lima ribuan sebagai biaya adiministrasi, uang rokok, hingga uang sogok yang bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Penyebabnya pun masih kurang jelas entah gaji yang tidak sepadan atau mungkin dikurangi, entah masalah etos kerja. Namun, pungutan tersebut lebih dikenal oleh pakar hukum sebagai mal-administrasi.

Bertolak dari hal itu, baik Anda maupun orang lain berhak untuk menerima pelayanan yang berkualitas dilihat dari kecekatan dan integritas pegawai tersebut. Berbeda halnya dengan korupsi yang…

Lihat pos aslinya 599 kata lagi

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.