Ini Masalah yang Timbul Setelah Kembali ke KTSP


Cauchy Murtopo

KTSP vs K13Kurikulum 2013 (K13) dihentikan oleh Menteri Kebudayaan Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikbud) Anies Baswedan. Pengumuman penghentian K13 ini disampaikan pada akhir semester gasal 2014/2015 pada Desember 2014 yang lalu. Penghentian K13 ini bagi sekolah yang baru melaksanakan K13 satu semester, sekolah yang sudah melaksanakan K13 tiga semester tetap melanjutkan.

Semua sekolah baik di lingkungan Kemendikbud maupun Kemenag yang baru melaksanakan K13 satu semester harus menghentikan dan kembali ke Kurikulum 2006, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Namun, sekolah di lingkungan Kemenag (Madrasah) menggunakan dua kurikulum pada tingkat yang sama, misal kelas VII pada MTs dan kelas X pada MA. Untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab tetap menggunakan K13, namun pelajaran umum kembali ke KTSP.

Awalnya penghentian K13 disambut baik oleh sebagian besar guru. Tak terkecuali bagi guru TIK yang pada K13 mata pelajarannya ditiadakan. Selain guru TIK, guru mata pelajaran yang lain juga ikut senang. Harapannya setelah…

Lihat pos aslinya 683 kata lagi

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.