Teori Belajar Mengajar


Anti Hitam Putih

1. Teori  Belajar

Kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dalam proses pendidikan. Hal ini berarti bahwa berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh para siswa. Seorang yang telah melalui proses belajar diharapkan akan mengalami perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku yang dimaksud dapat berupa pengetahuan yang diperolehnya setelah melalui tahapan belajar. Seperti yang dikemukakan oleh Kimble yang dikutip oleh Lisnawati Simanjuntak, dkk :

“Belajar adalah perubahan yang relatif menetap dalam potensi tingkah laku yang terjadi sebagai akibat dari latihan dengan penguatan dan tidak termasuk perubahan-perubahan karena kematangan, kelelahan atau kerusakan pada susunan syaraf, atau memahami sesuatu sehingga terjadi perubahan dalam diri seseorang”. Lisnawati Siamanjuntak, (dkk) (1993:38)

Dari pendapat diatas juga dapat dikatakan bahwa dalam mempelajari sesuatu, yang   dibutuhkan adalah pemahaman atau penguasaan yang baik. Karena apabila seseorang menguasai apa yang telah dipelajarinya, maka hasil dari apa yang telah dipelajarinya itu akan…

Lihat pos aslinya 669 kata lagi

Iklan

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.