Teks eksposisi


vidyaronna

Teks eksposisi (expasition) berasal dari bahasa latin yang berarti memberitahukan , memaparkan, mengurangi , atau memperjelas jadi teks ekspossi adalah sebuah teks yang menerangkan ,sebuah topik tertentu dengan memperjelas topik yang berisi pendapat yang sfatnya tidak mengajak atau mempengaruhi .

Ciri – ciri teks eksposisi

  • Penulis teks berusaha memperjelas sesuatu pokok permasalahan atau persoalan secara objektif , tidak ada unsur – unsur yang bersifat subjektif dan emosional . penulisan sama sekali tidak berusaha membangkitan emosional pembaca .
  • Penulis tidak bermaksud mempengaruhi pembaca atas pendapat yang ia tulis
  • Gaya penulisan bersifat informasi atau informatif penulis menguraikan objek dengan jelas sehingga pembaca memahami teks eksposisi hal ini disebabka penulis ingin menambah pengetahuan pembaca dan memberikan informasi yang menerangkan sejelas – jelasnya tentang hal yang dipaparkan .
  • Teks ekposisi memua fakta yang terdapat dilapangan fakta tersebut dipakai sebagai penyumbang utama dalam memuat rumusan agar hal yang disampaikan lebih koret

Bentuk eksposisi atau paparan…

Lihat pos aslinya 785 kata lagi

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.