BERTEMUNYA MUSA DENGAN HAMBA ALLAH YANG SALEH


♛b3

 

Gurun pasir di Mesir

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Didalam Surah Alkahfi (18), setidaknya terdapat tiga buah kisah yang menjadi pelajaran bagi umat manusia. Ketiga cerita yang terdapat dalam surah tersebut adalah kisah tujuh orang pemuda penghuni gua yang beriman kepada Allah, kisah Zulkarnain, serta kisah Nabi Musa as yang bertemu dengan hamba Allah yang saleh.

Para ulama menyepakati bahwa yang dimaksud hamba Allah yang saleh dalam Surah Alkahfi tersebut tidak lain adalah Nabi Khidir as, kisah selengkapnya tersebut terdapat pada ayat 60-82.

Satu hal yang menarik dalam kisah tersebut adalah Nabi Musa as belajar kepada Nabi Khidir tentang hakekat kesabaran, tempat keduanya bertemu adalah di pertemuan dua laut (majma’a al-bahrayni). Di manakah letak pertemuan dua laut tersebut?

Asbab al-Nuzul

Asbab al-Nuzul (sebab-sebab turunnya) ayat tersebut adalah sebagaimana disebutkan Ibnu Abbas RA yang diriwayatkan dari Ubay bin Ka’ab. Beliau mendengar Rasulullah saw bersabda:

”Sesungguhnya, pada suatu hari, Nabi Musa…

Lihat pos aslinya 1.128 kata lagi

Iklan

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.