Sekolah Ramah Anak dan Rumah Ramah Anak : Bagian 2


sditmentariilmu

Prinsip ketiga dalam mengimplementasikan Sekolah Ramah Anak yaitu “Kepentingan Terbaik Bagi Tumbuh Kembang Anak”. Pengelola sekolah menjamin hak tumbuh dan kembang anak yang diimplementasikan dalam berbagai aspek. Relasi sehari-hari antara guru/pengelola sekolah dengan peserta didik atau antar peserta didik mendukung terciptanya hubungan yang aman dan nyaman, melakukan tindakan proaktif dan perhatian secara personal.Begitu pun dengan sarana, aturan sekolah dan kurikulumnya mengakomodir semua kepentingan bagi tumbuh kembang anak.

Prinsip Keempat, yaitu “Menghargai Pendapat Anak”. Selama ini mungkin pengelola sekolah senantiasa melakukan atau membuat kebijakan sekolah atau aturan sekolah tanpa melibatkan peserta didik sehingga aturan yang sudah dibuat seringkali dilanggar karena hal ini seolah-olah aturan tersebut merupakan aturan Guru untuk siswa bukan aturan yang dibuat secara bersama-sama untuk kemudian disepakati semua warga sekolah. Dalam pembelajaran, sarana dan prasarana pun seharusnya pengelola sekolah tetap mempertimbangkan pendapat anak. Jika hal ini dilakukan maka siswa akan merasakan dirinya bagian dari sekolah sehingga tujuan pendidikan nasional…

Lihat pos aslinya 243 kata lagi

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.