Kurikulum 2013, Siswa: Pak, Kenapa Siswa Disuruh Menilai Juga?


Cauchy Murtopo

IMG_20141127_215749Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berbasis saintifik. Kurikulum ini sudah digunakan mulai tahun pelajaran 2013/2014, namun baru sedikt sekolah yang menerapkannya. Hanya sekolah tertentu yang ditunjuk oleh dinas pendidikan saja yang menerapkan. Pada tahun pelajaran 2014/2015 serentak semua sekolah sudah harus menerapkan kurikulum 2013 pada peserta didik baru.

Masih banyak masalah yang timbul dari pemberlakuan kurikulum 2013 ini. Guru yang belum diberi pelatihan adalah kendala yang sering dihadapi oleh guru. Ada juga guru yang sudah diberi pelatihan namun masih bingung. Kebingungan guru ini wajar terjadi karena pada saat pelatihan waktunya hanya sedikit. Tak jarang ada guru yang hanya satu hari saja untuk mengenyam ilmu kurikulum 2013 ini, selebihnya harus cari sendiri.

Pada hal guru adalah ujung tombak dari penerapan kurikulum ini. Sementara orang yang sebagai trainer saja yang tidak terjun langsung di lapangan justru mendapatkan pelatihan terlebih dahulu berhari-hari, bahkan mungkin bisa dua minggu atau lebih. Bisa jadi kondisi di…

Lihat pos aslinya 869 kata lagi

Iklan

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.