Negara Mana Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia ?


catatan seorang pembelajar

finland-helsinkisumber foto : http://www.businessinsider.com

Sejak empat belas tahun yang lalu, OECD (Organisation for Economic Co-peration & Development). Sebuah organisasi yang didirikan dan didanai 34 negara maju mengadakan survey tiga tahunan bernama PISA (Programme for International Student Assessment). Data survey ini beragam, termasuk melakukan penilaian kemampuan membaca, matematika, dan sains. Pada tahun 2012 survey ini diikuti oleh 65 negara dan tes dilakukan pada sekitar 510,000 anak usia 15 tahun. Data PISA sangat berharga untuk memetakan posisi “kualitas” pendidikan suatu Negara. Tentu PISA bukan survey yang mutlak dan 100% akurat, tapi hingga saat ini hanya PISA yang mengumpulkan data paling komperhensif, terukur, dan rutin.

Lalu Negara mana saja yang unggul dari survey PISA sejak tahun 2000, 2003, 2006, 2009, dan 2012? Dimana posisi Indonesia diantara negara-negara yang lain? Secara mengejutkan Finlandia mendapatkan skor tertinggi selama 3 periode berturut-turut sejak tahun 2000 hingga 2006. FInlandophilia sempat menjadi perbincangan yang…

Lihat pos aslinya 724 kata lagi

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.