Peran Kurikulum 2013 Terhadap Krisis Etika


Krisis secara masif sebenarnya masih terjadi dan melanda negeri kita ini. Krisis yang paling hangat dan menjadi topik diberbagai media baik media cetak, media elektronik bahkan sosial media adalah krisis etika. Masalah etika merupakan masalah krusial yang terjadi di Indonesia. Kejadian baru-baru ini menyentakkan kita semua, mulai dari usia anak-anak yaitu siswa SD (contoh kasus salah satu SD di Bukit Tinggi) sampai orang dewasa dalam hal ini Politisi di senayan mengalami krisis etika. Kualitas sumber daya manusia semakin tergerus dengan perubahan sosial budaya dalam era globalisasi. Ketertatihan kita dalam mengekor dunia barat yang kita konotasikan sebagai negara maju dan modern perlahan tapi pasti mempengaruhi seluruh sendi kehidupan rakyat Indonesia. Baik pengaruh positif maupun pengaruh negatif.

Dalam konteks demikian, penjelasan pola pikir mengaplikasikan kurikulum 2013 dalam pendidikan watak selanjutnya mengkaji bagaimana implikasi kritisnya terhadap pemaknaan dan aktualisasi etika. Kurikulum menurut Beauchamp (1968)adalah dokumen tertulis yang mengandung isi mata pelajaran yang diajar…

Lihat pos aslinya 395 kata lagi

Iklan

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.