Tirakat Sukolilo [#9]: Conditional Sentences dan Tabiat Manusia yang Gemar Berandai-andai


hilmanfirdaus

If I were you, holding the world right my hand. [Hoobastank, If I were You]

Modal auxiliaries memiliki banyak makna, salah satu yang paling umum digunakan adalah untuk menunjukkan sesuatu yang bersifat potensial atau tidak pasti. Sesuatu yang potensial berarti sesuatu yang akan atau tidak akan terjadi. Ia berkaitan dengan masa depan. Oleh karena itu, di dalam modal auxiliaries dikenal conditional sentences, kalimat pengandaian.

If I have money, I will buy a new car.

Dari sudut pandang keagamaan, andai-andai semacam ini, yang jika diteruskan akan melengahkan sseorang dari mengerjakan pekerjaan-pekerjaan penting hari ini, adalah andai-andai kosong yang dibisikkan oleh setan. Menurut Quraish Shihab, setan mencuri umur manusia dengan cara membuat manusia lalai tentang hari ini sampai usianya habis. Beliau membuat ilustrasi sebagai berikut:

Seorang anak berkata: “Kalau aku remaja…” Yang remaja berkata: “Kalau aku kawin…” Yang berkeluarga berkata: “Kalau aku tua atau pensiun…” dan, ketika hari tua datang…

Lihat pos aslinya 70 kata lagi

Iklan

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.