Mulai dengan Quran, Masjid dan Akal


haniefahizaim

Mulai dengan mendekatkan diri dan orang lain pada Quran. Setidaknya telah dikenal oleh umat Islam bahwa Al Quran adalah mukjizat. Keaslian lafadz ayat dan pelajarannya terjamin sepanjang masa. Bila mukjizat itu bersifat melemahkan lawan kebaikan baik itu berwujud ataupun tidak berwujud, maka meninggalkannya bisa jadi menggiring pada kekalahan dan kelemahan. Bila lafadz ayat dan pelajarannya terjamin maka mengabaikannya adalah kebodohan dan kesesatan.

Mulai dengan mengikatkan diri dan orang lain pada Masjid. Setidaknya telah diketahui bahwa Masjid adalah baitullah (rumah Allah). Di dalam Masjid tidak ada kemaksiatan yang keji berani terang-terangan ternampakkan. Bila Masjid adalah baitullah, maka mengarahkan diri dan orang lain untuk terpikat padanya adalah awal pintu kedekatan pada Allah Yang Maha Pemberi Hidayah. Bila Masjid terjaga dari aktivitas dzalim, maka mengikatkan diri dan orang lain adalah jalan mulia menimba kemuliaan.

Mulai dengan menggunakan akal. Setidaknya akal memiliki bekal untuk memilih kebaikan dan keburukan. Alat mentadabburi ayat qouliyah dan kauniyah…

Lihat pos aslinya 62 kata lagi

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.