Mendidik Putra-Putri Indonesia


haniefahizaim

                 Mencoba untuk mengungkapkan pikiran tentang pendidikan. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan bangsa Indonesia itu bisa dimulai dari 3 tempat. Rumah, Pesantren dan Universitas. 3 tempat ini adalah lokasi yang strategis untuk mengolah generasi. 

                Rumah adalah tempat bernaung ayah, ibu dan anak. Di sana terbangun sebuah Institusi dan ‘konstitusi’ terkecil dari negara dan peradaban. Keteraturan rencana pendidikan keluarga dan kualitasnya dibangun oleh ayah dan ibu. Peran keluarga dan pengaruhnya dalam lingkungan juga ditentukan oleh ayah dan ibu dalam sebuah keluarga. Rumah adalah titik tolak sekaligus benteng terakhir bagi kualitas anak. Bila di rumah anak memiliki dasar akhlaq dan adab yang kokoh maka ia akan menjadi militan di luar rumah. Bila kondisi lingkungan tidak mendukung proses pendidikan yang direncankan oleh rumah, maka rumah akan menggunakan otoritasnya menentukan penyelesaian.

             Setelah rumah menjadi titik tolak melesatkan kualitas generasi, maka pesantren adalah tempat ke dua menyambut generasi militan tersebut. Pesantren memiliki konsep…

Lihat pos aslinya 425 kata lagi

Iklan

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.