Pengaruh Religiusitas & Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Siswa SMP Islam Terpadu Al-Kahfi Bogor


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh religiusitas dan dukungan sosial teman sebaya terhadap kecerdasan emosional remaja siswa SMPIT Al Kahfi Bogor. Penulis berteori bahwa variabel keyakinan, praktek, pengetahuan, konsekuensi, pengalaman, appraisal support, tangible support, self esteem support dan belonging support berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan emosional remaja siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi
berganda. Sampel berjumlah 200 orang siswa SMPIT Al Kahfi Bogor yang
diambil dengan teknik non probability sampling. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan instrumen pengumpulan data skala kecerdasan emosional yang penulis buat sendiri berdasarkan teori Goleman (1999), dan memodifikasi instrumen pengumpulan data skala religiusitas dari peneliti sebelumnya yang mengacu pada teori Glock & Starck (1968) serta mengadaptasi skala ukur baku Interpersonal Support Evaluation List (ISEL) pada pengukuran skala dukungan sosial teman sebaya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan keyakinan, praktek, pengetahuan, konsekuensi, pengalaman, appraisal support, tangible support, self esteem support dan belonging support terhadap kecerdasan emosional remaja siswa. Hasil uji hipotesis minor yang menguji…

Lihat pos aslinya 65 kata lagi

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.