MODEL MENGAJAR


KATAKU

Menurut Winata Putra dalam Sugandhi (2004) model pembelajaran merupakan pola yang digunakan pengajar dalam menyusun  kurikulum, mengatur materi pengajaran dan memberi petunjuk dalam setting pembelajarn, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran merupakan inti atau jantungnya strategi pembelajaran. Dikatakan suatu pola berarti model mengajar dalam pengembanganya dikelas , membutuhkan unsur metode, teknik – teknik mengajar dan media sebagai penunjang.
Menurut kajian terhadap berbagai model mengajar dalam berbagai bidang studi, Joyce dan Weil (Sugandhi, 2004) mengklasifikasikan model mengajar atas 4 rumpun, yaitu :

(1) Model pemrosesan informasi
Menekankan proses pembentukan tingkah laku dalam hal cara – cara memperoleh dan mengorganisir data, memikirkan dan memecahkan masalah, serta penggunaan symbol verbal/bahasa. Beberapa model pembelajaran yang tergolong didalamnya adalah model pembelajaran berpikir induktif, pembentukan konsep, advance organization dalam model lecturing.

(2) Model mengajar personal
Menekankan proses pengembangan pribadi dan berusaha menggalakkan kemandirian yang produktif sehingga semakin sadar dan bertanggung jawab kepada dirinya. Beberapa model pembelajaran…

Lihat pos aslinya 76 kata lagi

Iklan

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.