Bukan Hanya Menjadi Murid, Tetapi Juga Guru


nisa.belajar.bercerita.

ditulis untuk theurbanmama.com

“Strategi apa yang Ibu pakai untuk meningkatkan hasil belajar anak-anak?” Dan ibu guru matematika itu menjawab: “Saya selalu bilang, mereka di sini bukan hanya jadi murid, tetapi juga guru”. Ia menceritakan bagaimana setiap hari murid-muridnya yang berusia sembilan dan sepuluh tahun saling membantu di kelas.

Ibu guru ini adalah salah satu guru SD di New York State (NYS) yang diwawancara untuk sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana sekolah negeri yang mayoritas muridnya dari keluarga miskin bisa meluluskan murid-murid dengan hasil yang baik.

“Anak-anak tidak seragam kemampuannya. Ada yang lebih cepat mengerti daripada temannya yang lain. Mungkin karena saya mengajar dengan gaya saya, beberapa murid sulit mengerti. Ada juga yang malu bertanya walaupun sebenarnya belum mengerti. Jadi kalau teman mereka yang mengajarkan, biasanya lebih efektif, karena lebih bebas menggunakan bahasa yang sesuai usia mereka.” Dan tentu saja anak-anak ini tidak dilepas begitu saja, ibu guru pun ikut…

Lihat pos aslinya 538 kata lagi

Iklan

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.