Setiap Guru adalah Inovator


Musthofa Agus

Inovasi . adalah sebuah kata yang mulai banyak dibicaraan di dunia pendidikan hari ini. Sebut saja kata kunci atau  edu-cliché . Tampaknya ada kesepakatan, bagaimanapun, bahwa semua sekolah kita perlu lebih inovatif untuk memenuhi perkembangan dan kebutuhan siswa kita, hari ini dan esok. Dimana saya tidak melihat kesepakatan dalam siapa yang harus melakukan semua inovasi ini apakah dari pihak sekolah ataukah dari pemerintah melalui kebijakannya.

Jika kita melanjutkan jalan kita saat ini, tampak sekali bahwa terdapat kesenjangan tujuan antara pemangku kebijakan dengan pelaku disekolah untuk mengarahkan kemana dan bagaimana anak didik kelak berkembang.
Pikirkan tentang hal ini. Apa yang terjadi di diajarkan setiap hari di sekolah kita setiap hari. Sepertinya hanya hal hal rutinitas saja yang diberikan dan djejalkan kepada anak-anak setiap harinya. Blajar mereka hanya fokus kepada bagaimana menghadapi ujian tulis, bagaimana anak-anak bisa menjawab soal-soal ujian. Terus terang, masing-masing dari kita (guru, orang tua, kepala sekolah, pemimpin organisasi dan masyarakat) memiliki tanggung…

Lihat pos aslinya 368 kata lagi

Iklan

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.