Menjadi Orangtua, Mendewasakan Diri


Stay Hungry Stay Foolish...

Agustine Dwiputri ; Penulis kolom “Konsultasi Psikologi” Kompas

KOMPAS, 23 Maret 2014

Melalui ”parenting”, pengalaman membesarkan, mengasuh, dan mendidik anak, orangtua memperoleh imbalan bagi pengembangan pribadi sebagai individu. Bettie Youngs (1991), penulis buku pendidikan anak dan remaja, menjelaskan pengalamannya memperoleh pelajaran positif melalui kegiatan ”parenting”.

Dikatakan bahwa dalam membantu anak tumbuh dan berkembang, orangtua juga mempelajari makna sesungguhnya dari mencintai, bergembira melihat kemajuan anak dari hari ke hari, bahagia melihat keberhasilan yang dicapai, berempati terhadap hal-hal yang dialami anak, bersabar dan bertahan terhadap berbagai hambatan yang dialami dalam hubungan timbal balik anak dan orangtua, mendengarkan dan memahami keinginan anak, yang terkadang berbeda dengan yang diharapkan orangtua serta bertanggung jawab atas berbagai keputusan yang diambil.

Menjadi orangtua mengajarkan hal-hal berikut.

1. Merasakan betapa rentannya kehidupan manusia
Ketika ibu mengandung dan melahirkan bayinya, akan muncul perasaan takjub yang mendalam mengenai nyawa bayi yang sepenuhnya bergantung kepadanya. Ibu ataupun ayah akan mengembangkan perasaan…

Lihat pos aslinya 599 kata lagi

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.