Sejarah SMPN 3 Sby


ikasgaya

kelas atas LATAR BELAKANG SEJARAH DAN HAL-HAL YANG TERKAIT DARI GEDUNG “EX MARKAS TKR PELAJAR STAF III” DI JALAN PRABAN NO. 3 SURABAYA

I. PADA MASA “ PENJAJAHAN BELANDA” SAMPAI AKHIR TAHUN 1941

Pada Tahun 1881, Lyceum (H.B.S. 3 tahun) yang berdiri sejak tahun 1875 dan menempati gedung B.A.S (Buys Avondschool) di jalan Baliwerti (kemudian dipakai oleh I.T.s) dijadikan Gymnasium (H.B.S 5 tahun). Kabupatennya sendiri menempati gedungnya yang baru di jalan Gentengkali (sekarang dipakai Balai Budaya)

Buys Avondschool kemudian terbagi dua yaitu : Mulo Buys yang menempat Gedung ex lyceum di jalan Baliwerti dan buys ambachtschool yang menempati gedung ex : indeteves di Sociteitstraat (Jl. Niaga)

Tetapi kedua buys ini lebih ditujukan khusus guna memenuhi kebutuhan tenaga pendidikan lanjutan untuk industri-industri yang mulai berkembang di Jawa Timur (terutama pabrik-pabrik gula)

Ir Buys, pendiri sekolah-sekolah tersebut, memang pegawai H.V.A (Handel Vereneging Amsterdam) perusahaan milik Keluarga kerajaan Belanda yang menguasai pabrik-pabrik gula itu. Jadi sekolah tersebut…

Lihat pos aslinya 2.767 kata lagi

Iklan

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.