Peran Simulasi dalam Pengembangan Ilmu


public anonyme

Oleh: Lukman Abdurrahman

Simulasi merupakan metode untuk melakukan percobaan dengan berbasis pada model dari satu sistem nyata (Siagian, 1987). Menurut Hasan (2002), simulasi dapat digunakan sebagai cara pengambilan keputusan dari suatu sistem yang sebenarnya (karena telah dimodelkan) tanpa harus benar-benar dilakukan pada keadaan yang sesungguhnya. Dengan demikian, simulasi merupakan teknik yang dapat digunakan untuk memformulasikan dan memecahkan model-model dari berbagai sistem kehidupan. Oleh karenanya Schroeder (1997) mengatakan bahwa apabila semua cara gagal, lakukanlah dengan cara simulasi.

Dalam prakteknya, simulasi merupakan suatu kegiatan untuk meniru aktivitas operasional atau proses bisnis dalam suatu sistem, menggunakan perangkat komputer yang disertai sejumlah asumsi (Law and Kelton, 1991). Komputer digunakan untuk memahami sistem secara numerik melalui pengumpulan data untuk estimasi statistik dalam rangka memperoleh sifat asli sistem. Cara seperti ini dapat lebih murah dibandingkan apabila dilakukan secara eksperimental langsung.

Oleh karena itu, ada sejumlah kelebihan simulasi sebagai pengujian suatu model sebagai berikut:

  1. Simulasi adalah cara…

Lihat pos aslinya 177 kata lagi

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.