Kenapa Seragam Pramuka berwarna coklat ????


Palem Kuning

Image

Mungkin kalian pernah bertanya- tanya , “kenapa baju pramuka berwarna coklat ?”

Nahh …

sekarang aku akan menjelaskanya….

Seragam pramuka adalah pakaian yang dipakai oleh anggota-anggota pramuka di seluruh Indonesia . Warna coklat tua/muda dipilih , karena  warna tersebut dipakai oleh para pejuang kita di masa perang kemerdekaan (1945-1949) , yaitu warna coklat , hijau dan wulung . Warna tersebut dipiih karena warna tsb serasi dengan bendera kebangsaan Indonesia yaitu Merah Putih , yang dipakai utk setangan leher dan pita leher pramuka.“(Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 226 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka).

Sekarang, sudah menjadi kewajiban bagi setiap Pembina untuk mengantarkan adik didiknya agar supaya mengenal Pramuka bukan dari kulit terluarnya saja, tetapi secara komprehensif. Jika kita perhatikan, bahwa sistem Pendidikan Kepramukaan kita menggunakan kiasan-kiasan dalam penyelenggaraannya, tetapi essensi kiasan dari seragam, tanda pengenal, TKU, TKK seyogyanya harus dapat dijelaskan secara lebih mendalam dalam rangka…

Lihat pos aslinya 33 kata lagi

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.