Perkenalan Saya dengan Santet


Blog Sastra F. Rahardi

Santet atau tenung alias teluh alias guna-guna adalah sebuah gejala alam yang sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu, namun sampai sekarang ini tetap tak kunjung dipahami. Ujud dari gejala itu adalah seseorang menjadi sakit dan penyakitnya itu dipercayai oleh masyarakat, didatangkan atau dibuat oleh orang lain dengan menggunakan kekuatan magic atau mistik atau paranormal. Sejak kecil, saya sudah mendengar ihwal santet ini dari ibu saya maupun famili-famili. Lingkungan saya kebetulan tidak mempercayai fenomena santet. Lingkungan rumah, sekolah, maupun gereja menganggap bahwa gejala santet hanyalah sekadar bohong-bohongan. Orang sakit ya harus dibawa ke dokter atau diobati. Sakit karena santet adalah sesuatu yang sangat tidak masuk akal bagi saya.

Misalnya saja, saya pernah mendengar cerita bahwa salah seorang Pak De menderita sakit dan kemudian keluarlah paku dan jarum dari badannya. Ibu saya mengatakan bahwa semua itu hanyalah sulapan. Saya juga ikut tidak percaya. Ketidakpercayaan saya pada yang gaib-gaib ini diperkuat oleh…

Lihat pos aslinya 1.198 kata lagi

Iklan

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.