KEBERHASILAN PENDIDIKAN KARAKTER DITENTUKAN PADA PENILAIAN PERILAKU SISWA BUKAN PADA TES NORMATIF SAJA


OBROLAN BUDAYA

Photo-0119

Pendidikan karakter sekarang ini sedang marak dibicarakan di lingkungan dunia pendidikan. Keprihatinan mengenai karakter bangsa Indonesia yang mulai luntur menjadikan pakar pendidikan di Indonesia berniat memasukkan unsur pemnbangun karakter dalam mata pelajaran.

Karakter bangsa Indonesia yang terkenal sebagai bangsa dengan keramahtamahannya serta kesantunannya mulai luntur dari benak setiap warga Negara. Ketitidakjujuran semakin mengakar yang membuat para pakar pendidikan miris menyaksikannya. Ini dibuktikan dengan tingkat korupsi yang semakin tinggi, serta masyarakat mudah melakukan kekerasan di mana-mana. Kondisi inilah yang mau tidak mau harus ditanggulangi secara strategis dengan cara memasukkanya pendidikan karakter dalam setiap mata pelajaran di sekolah.

Sebelum pendidikan karakter ini ramai dibicarakan, sebenarnya dalam dunia pendidikan sudah ada mata pelajaran agama, tapi mengapa masih ditambah dengan pendidikan karakter? Apakah pendidikan agama tidak cukup untuk membina moral bangsa ini?

Dari sini bisa kita pertanyakan bahwa ada yang salah dengan proses pembelajaran agama selama ini karena, seperti kita semua tahu, sejak tingkat…

Lihat pos aslinya 156 kata lagi

Iklan

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.