Guru perlu kekompakan!


Rocky Winata personal blog

Guru merupakan “mesin” utama sekolah. Kekuatan dan laju perkembangan sekolah ditentukan bukan saja oleh seberapa baik guru yang dimiliki, sebab sekolah melibatkan banyak guru. Padahal sebagai manusia guru memiliki beragam karakter, latar belakang, kemampuan, orientasi, ragam sikap dan tanggung jawab serta gaya dalammengelola sekolah.
Sekolah sendiri merupakan sebuah sistem, yang di dalamnya terdapat berbagai unsur yang saling berkaitan. Satu unsur saja terganggu atau tidak kompak akan mempengaruhi keseluruhan. Selain tuntutan kompetensi, kinerja sekolah juga ditentukan oleh kualitas kerja sama antar setiap unsur dalam sistem sekolah.
Hal ini dikarenakan guru dan pengelola sekolah harus bekerja sebagai satu tim. Cara kerja dan kinerja satu elemen tenaga di sekolah senantiasa berdampak pada tugas dan fungsi yang lain. Sebagai misal, ketidakkompakan bagian administrasi akan mengganggu kinerja guru; Guru kelas 1 menentukan kinerja guru kelas 2 dan seterusnya. Apalagi bila sekolah menekankan pembentukan karakter siswa, sudah pasti menuntut kerja saja dan dukungan setiap tenaga gurudan…

Lihat pos aslinya 644 kata lagi

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.