TIGA ANJURAN RASUL SAAT KEKURANGAN


Bacaan Pribadi. #Kautsar

Suatu ketika, beberapa orang Anshar datang kepada Nabi Muhammad saw. Mereka meminta kepada Rasulullah, dan Rasulullah pun memberi mereka. Kemudian mereka datang meminta lagi kepada beliau, dan beliau pun tetap memberi mereka.

Sehingga habislah apa yang beliau miliki karena diberikan kepada beberapa orang Anshar tersebut. Setelah itu beliau berkata kepada para sahabat Anshar tersebut, “Di tempatku tidak ada harta, aku tidak menyimpannya darimu.”

Beliau kemudian melanjutkan, “Barangsiapa yang menjaga diri, maka Allah menjaganya. Barang siapa yang memohon kecukupan kepada Allah, maka Allah akan mencukupkannya. Barangsiapa yang menyabarkan diri, maka Allah akan memberinya kesabaran. Tidaklah seseorang dikaruniai pemberian yang lebih luas daripada kesabaran.”

Sahabatku, berbicara tentang kesabaran itu seperti berbicara tentang keikhlasan, mudah dibicarakan namun susah diamalkan. Dan benarlah apa yang disampaikan Rasulullah, bahwa kesabaran itu adalah karunia Allah yang luas.

Dan sudah menjadi watak manusia untuk merasa kurang dan terus butuh. Itulah sisi faqir (yang membutuhkan) yang memang diadakan oleh…

Lihat pos aslinya 101 kata lagi

Iklan

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.