Bangun Integritas Moral, Cegah Premanisme Di Sekolah Dasar!


Serat AlphaCasa

Oleh : Ayu Rochanah Choirul Ummah
NIM : 12104241034

Moral anak bangsa ini telah rusak. Terbukti dengan banyaknya kasus premanisme di lembaga pendidikan (termasuk Sekolah Dasar) yang diberitakan secara luas di media massa, baik cetak maupun elektronik. Premanisme berasal dari bahasa Belanda vrijman = orang bebas dan isme = aliran. Premanisme berarti aliran dari orang-orang bebas yang merugikan orang lain. Tindakan yang merugikan orang lain demi keuntungan pribadi merupakan kategori premanisme.

Kasus premanisme di Sekolah Dasar (SD) biasanya berupa pemerasan uang saku dan bullying, dilakukan oleh senior terhadap junior maupun antarteman yang menyebabkan cedera hingga kematian. Jika hal tesebut dibiarkan terus-menerus terjadi, maka mental anak bangsa kita akan berubah menjadi mental preman yang tidak bermoral. Oleh karena itu, integritas moral yang tertanam dalam diri setiap siswa sangatlah penting adanya.

Integritas merupakan kualitas bersikap jujur ​​dan selalu memiliki prinsip-prinsip moral yang tinggi. Integritas adalah tanpa topeng, bertindak sesuai dengan yang…

Lihat pos aslinya 737 kata lagi

Iklan

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.