Lahan Pertanian Perlu Dipertahankan


hirangputihhabang

Sebagai upaya mendukung program lahan pertanian pangan yang berkelanjutan, Pemerintah Kota Banjarbaru berusaha untuk mempertahankan lahan seluas 2.000 hektar agar tetap menjadi lahan pertanian. Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Banjarbaru Muhammad Rustam menuturkan, lahan seluas 2.000 hektare itu tersebar pada empat dari lima kecamatan yang ada di Kota Banjarbaru. “Seluruhnya masih produktif. Digarap sebagai lahan persawahan dengan komoditas utama berupa padi,” katanya kepada wartawan belum lama tadi.

Menurutnya, sebagian besar berlokasi di Kecamatan Cempaka sedangkan sisanyta tersebar pada Kecamatan Banjarbaru Utara, Landasan Ulin dan Kecamatan Liang Anggang. Ia memastikan satu kecamatan yakni Kecamatan Banjarbaru Selatan sudah tidak ada lagi lahan pertaniannya karena hampir seluruh wilayah kecamatan itu merupakan kawasan perkotaan dan banyak tumbuh permukiman.

Upaya untuk mempertahankan tesebut bermaksud agar dapat mengusulkan pembuatan peraturan daerah khusus tentang lahan abadi pertanian. Namun demikian, hasil pembahasan dinas dan instansi terkait di lingkup Pemkot Banjarbaru justru diputuskan tidak perlu dibuatkan perda…

Lihat pos aslinya 122 kata lagi

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.