Al-Qashash (7) – Ibadah, Maksiat dan Shadaqah Sepotong Roti


Nauval Library

IBADAH DAN MAKSIATAbu Burdah bin Musa Al-Asy’ari meriwayatkan, bahwa ketika menjelang wafatnya Abu Musa pernah berkata kepada puteranya: “Wahai anakku, ingatlah kamu akan cerita tentang sorang ahli ibadah dan amalan shadaqah sepotong roti.” Dahulu kala di sebuah tempat ibadah ada seorang lelaki yang sangat tekun beribadah kepada Allah. Ibadah yang dilakukannya itu selama lebih kurang enam puluh tahun. Tempat ibadahnya tidak pernah ditinggalkannya, kecuali pada hari-hari yang telah dia tentukan. Suatu ketika disaat dia sedang keluar dari tempat ibadahnya, dia bertemu seorang wanita yang mengajaknya ngobrol. Pertemuan itu berlanjut lebih jauh sampai keduanya tergoda untuk melakukan perbuatan maksiat. Setelah ia sadar, maka ia lalu bertaubat, kemudian ia melangkahkan kakinya pergi mengembara sambil disertai dengan ibadah yang lebih giat.

Akhirnya dalam pengembaraannya itu ia sampai ke sebuah pondok yang di dalamnya sudah terdapat dua belas orang fakir miskin, sedangkan lelaki itu juga bermaksud untuk menumpang bermalam di sana. Karena sudah sangat letih dari…

Lihat pos aslinya 307 kata lagi

Tentang MARJANI UNTUK PENDIDIKAN

Blog ini dikelola oleh seorang guru yang bertugas di SMP Negeri 7 Batang Hari Leko, diperuntukan buat para guru, pelajar dan seluruh masyarakat peduli Pendidikan (masyarakat Pendidik)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.